VISI : Mencetak Tunas-Tunas bangsa yang berakhlaqul karimah, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi( IPTEK), lifeskill serta berwawasan global MISI : Mendidik menuju generasi yang beriman dan Bertaqwa kepada Allah SWT. Membiasakan Akhlakul Karimah dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan nilai-nilai Syariat Islam. Mendidik siswa menjadi generasi yang berwawasan global. Mengembangkan potensi diri siswa berdasarkan bakat dan minatnya. Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif,kreatif, inovatif, variatif dan Menarik

Senin, 15 Mei 2017

Menambah Wawasan Melalui Studi Banding




   Membantu siswa dalam menyiapkan diri menyambut tantangan globalisasi di masa depan merupakan salah satu poin yang dititikberatkan dalam pendidikan di SD KHADIJAH 2, selain membantu siswa dalam menambah wawasan keilmuannya sendiri.  Oleh sebab itu sejak dini perlu dikenalkan pada pelajaran yang juga diberikan pada lingkup internasional.  Melalui Curriculum Framework of Cambridge -di samping kurikulum 2013 tentunya- siswa mulai dikenalkan pada tantangan global.

                Tidak hanya siswa, para pendidik pun juga senantiasa memantabkan kemampuan mengawal proses belajar mengajar, mengingat pendekatan pola pengajaran yang selalu berkembang dari masa ke masa. Dan salah satu pola yang saat ini mampu mengakomodasi tantangan globalisasi yaitu pendidikan dengan pola metakognitif.
                Untuk menjawab kebutuhan akan tantangan wawasan tersebut maka SD KHADIJAH 2 melakukan studi banding ke sekolah yang juga sama-sama telah mengaplikasikan Curriculum Framework of Cambridge dalam proses belajarnya sehari-hari, yaitu Madrasah Ibtidaiyah NU Ma’arif Pucang Sidoarjo.  Sebagai sekolah yang sama-sama telah membuka kelas ICP sejak 2009 SD KHADIJAH 2 dan MINU Ma’arif memiliki beberapa persamaan. Namun demikian tetaplah bisa diambil banyak pelajaran yang bermanfaat.
                Di antara pelajaran tersebut adalah tentang mengapa MINU Ma’arif juga telah mengaplikasikan Curriculum of IB dalam pola pendekatan metakognitif selain kurikulum 2013 dan Cambridge Curriculum. Juga tentang bagaimana MINU bisa mengembangkan  dirinya menjadi center school mandiri dan telah memiliki nomer ID dari Cambridge International Examination UK, telah memberi motivasi bagi SD KHADIJAH2 untuk senantiasa mengembangkan kemampuan dan keterampilan mengajar serta rencana kegiatan belajar yang lebih baik demi kesuksesan belajar siswa.

Dipersembahkan oleh : Desi Nurtucha, S.Si